Nusantara Dalam Nisan dan Catatan Eropa


Salam Sigarda ✌️ Indonesia 🇮🇩


Berbagai kisah tentang Nusantara, dapat diketahui juga dari catatan dan tinggalan bangsa Eropa. Salah satunya, Catatan dari Odorico da Pordenone, seorang biarawan yang berasal dari Italia di abad pertengahan. Sebagai biarawan, dia diutus untuk mewartakan injil ke wilayah Timur (Asia). Selama perjalanannya, dia mengunjungi berbagai wilayah seperti Anatolia, Persia, India, sampai akhirnya dia mencapai Nusantara, tepatnya di Sumatera lalu dilanjutkan ke Jawa.


Selain itu juga Jejak orang  Belanda selama empat abad  hubungan  sosial budaya   Indonesia-Belanda yang ditandai dengan adanya peninggalan batu-batu nisan di pelbagai tempat di Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak semua orang Belanda mulai dari jabatan tertinggi sebagai Gubernur Jenderal  sampai dengan  orang kebanyakan tidak kembali ke negeri mereka karena berbagai alasan. 


Tentang kedua hal tersebut, BERANDA #23 akan membahasnya  bersama 2 orang pemantik yaitu 𝐃𝐫. 𝐋𝐢𝐥𝐢𝐞 𝐒𝐮𝐫𝐚𝐭𝐦𝐢𝐧𝐭𝐨, 𝐌𝐀. (Dekan Fak. Sosial dan Humaniora Univ. Buddhi Dharma) dan 𝐃𝐫. 𝐃𝐚𝐲𝐚 𝐍𝐞𝐠r𝐢 𝐖𝐢𝐣𝐚𝐲𝐚, 𝐌𝐀. (Ketua Departemen Sejarah Univ. Negeri Malang) didampingi Pemandu, Muhamad Abdu, S.Pd ( Sigarda Indonesia Jabar). Sigarda Indonesia mengundang Anda untuk bergabung ke rapat Zoom yang terjadwal.


Topik : 𝐍𝐔𝐒𝐀𝐍𝐓𝐀𝐑𝐀 𝐃𝐀𝐋𝐀𝐌 𝐍𝐈𝐒𝐀𝐍 𝐃𝐀𝐍 𝐂𝐀𝐓𝐀𝐓𝐀𝐍 𝐄𝐑𝐎𝐏𝐀

Waktu: 7 Juni 2023 19:00 WIB


Bergabung ke Rapat Zoom

https://unnes-ac-id.zoom.us/j/95318293447?pwd=ekpRTzRZeXp4d1FVVWdudDB1RDdBZz09


ID Rapat: 953 1829 3447

Passcode: sigarda


Dan dapat diikuti dalam siaran langsung Youtube Sigarda melalui tautan berikut

https://linktr.ee/sigarda


Mohon perkenan untuk berperan serta dalam Kegiatan Sigarda Indonesia melalui

https://trakteer.id/sigarda


Sampai bertemu di ruang obrolan Sigarda Imdonesia. Terimakasih.


#KENALI

#CINTAI

#Bersama

#SINAU_CAGAR_BUDAYA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama