Pameran Bersama Museum Ranggawarsita

Salam Sigarda✌️Indonesia 🇮🇩


Pojok Literasi Arkeologi merupakan sebuah media belajar yang di dalamnya terdapat informasi tentang hasil penelitian Balai Arkeologi Yogyakarta. Di tempat ini pengunjung dapat membaca publikasi hasil penelitian arkeologi berupa jurnal ilmiah, buku pengayaan pendidikan. Selain itu juga terdapat informasi berupa poster dan film pengetahuan arkeologi. Pengunjung dapat mencoba berbagai permainan interaktif seperti simulasi ekskavasi, puzzle, ular tangga dan kartu kwartet, juga berbagai tayangan/buku yang bisa diakses secara online dengan menggunakan barcode.

Gambar 1 Permainan Puzzle

Gambar 2 Permainan Susun Kendi

PLA SMA 14 Semarang merupakan PLA ke-4 besutan eks Balai Arkeologi Yogyakarta yang berada di SMA 14 Semarang, Jalan Kokrosono Semarang. PLA ini tidak hanya diperuntukkan bagi pembelajaran siswa SMA 14 Semarang, tetapi juga dibuka untuk seluruh siswa dari berbagai sekolah maupun berbagai kalangan yang ingin memanfaatkannya sebagai sarana belajar. Sejak awal, Pojok Literasi Arkeologi merupakan kerjasama antara SMA 14 Semarang, Balai Arkeologi Yogyakarta (sekarang bergabung dalam BRIN) dan Yayasan Sigarda Indonesia. Pojok Literasi Arkeologi mendukung gerakan literasi, yaitu sebuah gerakan kesadaran membaca buku dengan tema arkeologi dan Sejarah. Kesamaan visi dalam mengedepankan edukasi bagi masyarakat dan membudayakan literasi khususnya di bidang Cagar Budaya, menjadi alasan jalinan kerjasama yang baik di antara ke 3 institusi.

Gambar 3 Pojok Literasi

Dalam Pameran Bersama Museum di Museum Ranggawarsita yang diselenggarakan pada tanggal 15-19 September 2022, PLA SMA Negeri 14 Semarang membawa semua perlengkapan yang ada dengan tema "Harmoni dalam kebhinekaan Kota Semarang". Kota Semarang Lama terdiri dari empat situs yang mewakili perjalanan sejarah Kota Semarang sejak abad ke-15 hingga awal abad ke-20. Empat situs tersebut ialah Kampung Kauman, Kampung Melayu, Kampung Pecinan dan Oudestad, yang menjadi cikal bakal Kota Semarang akibat dari kedatangan para pedagang asing mulai dari kaum Arab, Melayu, Cina hingga Belanda. Dari kawasan ini keberagaman masyarakat Semarang dapat terlihat dengan jelas. Tetapi meskipun sangat heterogen, masyakat Semarang dapat menjadi keharmonisan dan toleransi dengan sangat baik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan sudah menetapkan Kota Semarang Lama sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional. Penetapan ini dilakukan melalui penyerahan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 6682/P/2020.


Berbagai informasi yang ditampilkan terkait tinggalan di kawasan Kota Semarang Lama yang terdiri dari 4 situs, Kampung Melayu, Kampung Pecinan, Kampung Kauman dan Kota Lama Semarang. Selain itu juga menyajikan informasi dari Pojok Literasi Arkeologi tentang Kegiatan ekskavasi Situs Kota Lama yang dilakukan oleh Balai Arkeologi Yogyakarta. Juga beberapa hasil karya siswa yang terkait dengan bidang studi Sejarah maupun kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila. Beberapa permainan untuk menarik pengunjung seperti kotak ekskavasi, puzzle, dan konstruksi keramik dengan hadiah berupa buku dan poster Balar Yogyakarta dan Balar Jawa Barat yang disediakan oleh Yayasan Sigarda Indonesia.

Gambar 4 Hadiah Buku dan Poster

Pada hari pembukaan Pameran Bersama Museum Se-Indonesia di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita (15/09/2022), begitu seremonial pembukaan oleh Pak Ganjar Pranowo selesai, stan SMA Negeri 14 Semarang dan Sigarda dibanjiri anak-anak sekolah. Mereka belajar sambil bermain. Permainan ekskavasi dan rekonstruksi, serta puzzle rupanya menarik perhatian mereka. Saking antusias mereka, sampai-sampai ruang stan tidak cukup menampung, sehingga beberapa anak menyelesaikan puzzle di luar batas stan. Dan ramainya kunjungan ke Stan PLA SMAN 14 Semarang terus berlangsung hingga akhir Pameran. Stan juga mendapat kunjungan dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Dr. Uswatun Hasanah; guru-guru SMA Kota Semarang, TACB Kabupaten Semarang, Kepala dan staf Museum Ronggowarsito, serta para pecinta Sejarah dan Arkeologi.

Gambar 5 Kunjungan Guru-Guru SMA Kota Semarang


#KENALI

#CINTAI

#BERSAMA

#SIGARDA_INDONESIA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama