Kopi Sigarda 19: Cerita Terpendam dari Prasasti Warunggahan Tuban

 

Salam Sigarda✌Indonesia 🇮🇩

Tuban pernah mengalami beberapa kali gempa bumi. Data tertua yang memuat gempa bumi di Tuban terdapat di prasasti Waruṅgahan bertarikh 1227 Śaka, atau 1305 Masehi. Prasasti ini ditemukan ketika sedang menggali pondasi bangunan di kedalaman sekitar 0,5 m di bawah permukaan tanah di sebuah desa yang terletak di Kecamatan Semanding. Prasasti dari masa awal Majapahit ini berisi uraian penetapan ulang anugerah sīma oleh Raja Nararyya Sanggramawijaya karena prasasti sebelumnya hilang ketika terjadi gempa bumi.

Ditemukannya prasasti ini sangat berkontribusi dalam kajian sejarah di Indonesia, dan tentunya sejarah di Tuban pada khusunya. Berita tentang gempa bumi sangat sedikit dijumpai di prasasti, namun di prasasti Waruá¹…gahan ini bahkan menjadi bagian pokok dari alasan para pemegang prasasti.  Gempa bumi tersebut terjadi di sebuah wilayah bernama Warunggahan. Besar kemungkinan bahwa tempat yang bernama Warunggahan itu adalah nama kuno dari Desa Prunggahan.

Cerita lebih dalam tentang Prasasti Warunggahan akan disampaikan oleh Komunitas Teropong Sejarah dengan pemantiknya Prayudha Wira Utama (Ketua Teropong Sejarah, dan akan didampingi oleh Pemandu Sigarda Muda yang juga berasal dari Tuban, Linda Tiya Wati.

SIGARDA INDONESIA is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: KOPI#19  Cerita Terpendam dari PRASASTI WARUNGGAHAN TUBAN
6 April 2022 15:00 WIB

Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/5194121744?pwd=RDlsKzlJQmRjaENubmpQMmRnZUdYZz09

Meeting ID: 519 412 1744
Passcode: SIGARDA

Dan dapat diikuti dalam siaran langsung Youtube Sigarda melalui tautan berikut
https://linktr.ee/sigarda

Sampai bertemu di ruang obrolan Sigarda. Terimakasih.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama