Ukiran Peradaban dari Sentuhan Bencana

Salam Sigarda ✌️ Indonesia 🇮🇩


Warna kehidupan dan penghidupan di bumi Nusantara sejak masa lalu dipengaruhi fenomena alam (Gempa, Gunung Api dan Iklim) baik sebagai ancaman maupun bencana, tetapi juga membawa berkah.   Perjalanan peradaban adaptasi nenek moyang kita tidak berbeda dengan bangsa-bangsa di belahan dunia lain. Temuan bukti Arkeologis, Sejarah dan Foklor, membawa pusat-pusat peradaban yang berpindah memilih tempat yang aman, memberi  keselamatan, peningkatan mutu hidup dan kesejahteraan warganya. 

Suatu hal yang wajar,  pusat peradaban Jawa Kuno bergerak dari pantai utara Jawa Barat menuju lembah Progo, dan kemudian bergeser menuju ke Timur. Dan sekarang pusat peradaban bergeser ke utara lagi, ibukota  negara akhirnya akan dipindahkan ke Kalimantan Timur  di Lembah Mahakam. Apakah berhenti sampai di sini? Tidak, perjalanan masih panjang....


Masih dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional pada tanggal 26 April lalu,  di Beranda #22, Sigarda Indonesia akan membahas tentang bencana dan peradaban bersama 2 orang pemantik spesial yaitu 𝗜𝗿. 𝗔𝘄𝗮𝗻𝗴 𝗛𝗮𝗿𝘂𝗻 𝗦𝗮𝘁𝘆𝗮𝗻𝗮, 𝗚𝗲𝗼𝗹𝗼𝗴𝗶𝘀𝘁 𝗦𝗲𝗻𝗶𝗼𝗿  dan 𝗗𝗿. 𝗧𝗮𝗾𝘆𝘂𝗱𝗱𝗶𝗻, 𝗦.𝗦, 𝗠.𝗦𝗶, 𝗗𝗼𝘀𝗲𝗻 𝗗𝗲𝗽𝘁. 𝗚𝗲𝗼𝗴𝗿𝗮𝗳𝗶 𝗙𝗮𝗸. 𝗠𝗜𝗣𝗔 𝗨𝗻𝗶𝘃𝗲𝗿𝘀𝗶𝘁𝗮𝘀 𝗜𝗻𝗱𝗼𝗻𝗲𝘀𝗶𝗮. Keduanya akan  didampingi oleh Khrisna Ray Darmawan, Sigarda Muda Jabodetabek yang menjadi Pemandu jalannya diskusi.


Sigarda Indonesia mengundang Anda untuk bergabung ke rapat Zoom yang terjadwal.


Topik : 𝗨𝗞𝗜𝗥𝗔𝗡 𝗣𝗘𝗥𝗔𝗗𝗔𝗕𝗔𝗡 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗦𝗘𝗡𝗧𝗨𝗛𝗔𝗡 𝗕𝗘𝗡𝗖𝗔𝗡𝗔

Waktu: 3 Mei 2023 07:00 PM Jakarta


Bergabung ke Rapat Zoom

https://unnes-ac-id.zoom.us/j/91726911972?pwd=cWZaYXIvczZCeFdSMlNYb1RjRGhxQT09


ID Rapat: 917 2691 1972

Passcode: sigarda


Dan dapat diikuti dalam siaran langsung Youtube Sigarda melalui tautan berikut

https://linktr.ee/sigarda


Mohon perkenan untuk berperan serta dalam Kegiatan Sigarda Indonesia melalui

https://trakteer.id/sigarda


Sampai bertemu di ruang obrolan Sigarda Imdonesia. Terimakasih.


#KENALI

#CINTAI

#Bersama

#SINAU_CAGAR_BUDAYA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama