Kopi Sigarda 8: Jejak Peradaban di Tulungagung

Salam Sigarda Indonesia!

Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil Marmer terbesar di Indonesia. Tulungagung juga terkenal akan penemuan sejumlah fragmen manusia purba. Selain penemuan sejumlah fragmen dari masa prasejarah, di wilayah ini juga banyak ditemukan peninggalan dari masa Hindu Budha, di masa lalu wilayah ini menjadi bagian dari kekuasaan sejumlah kerajaan besar seperti Kerajaan Kadhiri, Singhasari maupun Majapahit.

Beragam temuan dari era Hindu-Budha di wilayah ini, baik yang berukuran masif maupun berupa pecahan fragmen, menunjukkan kepada kita bahwa wilayah ini telah sejak lama menjadi wilayah yang cukup penting bagi perkembangan peradaban manusia di Jawa Timur. Terlebih ketika wilayah ini juga dituliskan dalam kitab-kitab kuno seperti Negarakertagama maupun sejumlah prasasti, menunjukkan bahwa keberadaan masyarakat di wilayah ini telah menjadi bagian penting dalam perkembangan sejumlah kerajaan besar di wilayah Jawa Timur di masa lalu.

Dalam episode KOPI SIGARDA kali ini, *SIGARDA INDONESIA* bekerja sama dengan Komunitas *ASTA GAYATRI* Tulungagung akan menampilkan mas Agung Pinasthiko Rahagi sebagai pemantik yang akan berbagi informasi tentang sejumlah tinggalan masalalu yang ada di Tulungagung.

Anda dapat menyaksikan video selengkapnya melalui link YouTube berikut https://youtu.be/7x61AG7jegI

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama