Jagongan 3: Bersahabat Dengan Gunung, Belajar dari Situs Liyangan

 

Rahayu.....🙏🙏🙏
Sobat Si GARDA INDONESIA

Bersua lagi dengan acara yang kita tunggu2...
JAGONGAN SI GARDA#03

Liyangan merupakan kompleks permukiman di lereng timur laut Gunung Sindoro, tepatnya di Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Situs Arkeologi ini terdiri dari permukiman luas dan kompleks. Di dalamnya ditemukan hunian, peribadatan, dan pertanian.


Sugeng Riyanto, Arkeolog Balai Arkeologi Yogyakarta dalam “Situs Liangan: Ragam Data, Kronologi, dan Aspek Keruangan”, Berkala Arkeologi Vol. 35 Edisi No. 1 Mei 2015, menjelaskan erupsi Gunung Sindoro menyebabkan Situs Liyangan terkubur oleh aliran piroklastik bercampur dengan awan panas dan aliran lava yang terus berlangsung itu kemudian disusul dengan aliran lahar dingin dan membentuk Kali Langit yang akhirnya memisahkan bangunan-bangunan di Situs Liyangan yang awalnya satu kesatuan.


Selama masyarakat Liyangan menetap di lereng gunung itu tentunya telah terjadi beberapa kali letusan. Kendati tak besar, kejadian itu lalu diingat pertandanya hingga menjadi pengetahuan yang dimiliki masyarakat Liyangan kuno.

Lalu bagaimana cerita Masyarakat Liyangan bertahan hidup dalam tanah bencana. Bertepatan dengan Peringatan HARI BUMI 22 April 2021...Mari kita ikuti dalam serunya bahasan Jagongan Si GARDA kali ini...bersama Pemantik Drs. Sugeng Riyanto, M.Hum (Ka Balai Arkeologi Yogyakarta)

Si GARDA INDONESIA is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Jagongan#03 SIGARDA
BERSAHABAT DENGAN GUNUNG  : Belajar dari Situs Liyangan
Time: Apr 22, 2021 15:15 Jakarta

Join Zoom Meeting
https://zoom.us/j/93934537345?pwd=SFNDUHVQa05MWENiM002SkZBa01hZz09

Meeting ID: 939 3453 7345
Passcode: sigarda

Jangan lupa catat tanggal dan jam tayangnya...sambil Ngabuburit ya..

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama