Beranda-27: Riwayat Minyak & Gas Nusantara

Salam Sigarda ✌️ Indonesia 🇮🇩


Penjajahan kolonial Belanda  di tanah air tak hanya mengeruk hasil alam berupa rempah-rempah. Negeri Ratu Elizabeth tersebut ternyata juga menyedot kekayaan alam yang terkandung dalam perut bumi yaitu minyak bumi dan bahan tambang lainnya. Jejak keserakahan penjajah dapat dilihat dari keberadaan berbagai lokasi pertambangan yang tersebar di sejumlah daerah. Menilik sejarah pertambangan migas, eksplorasi migas di Indonesia sudah dimulai sejak masa Hindia Belanda. Pertambangan migas di Indonesia dimulai dengan ditemukannya tambang minyak bumi secara komersial pertama kali tahun 1883 di Sumatera Utara. Proses eksplorasi minyak bumi di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1871, menyusul setelah itu, sejumlah konsesi untuk pengusahaan migas di Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sampai dengan tahun 1924, tercatat terdapat 119 ijin konsesi pertambangan minyak bumi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Hindia Belanda.


Di Beranda #27, Sigarda Indonesia akan membahas tentang "R𝐈W𝐀Y𝐀T M𝐈N𝐘A𝐊 𝐃A𝐍 𝐆A𝐒 NUSANTARA" bersama para peneliti bidang Pertambangan yaitu  𝗗𝗿. 𝗜𝗿. 𝗠𝗼𝗵. 𝗦𝘆𝗮𝗶𝗳𝘂𝗹, 𝗠.𝗦𝗶 (Dosen dan Exploration Advisor),  dan 𝗡𝘂𝗴𝗿𝗼𝗵𝗼 𝗡𝘂𝗿 𝗦𝘂𝘀𝗮𝗻𝘁𝗼, 𝗦.𝗦. (Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional). Pembahasan menarik ini akan dipandu oleh 𝗗𝗲𝘄𝗶 𝗔𝗳𝗿𝗶𝗮𝗻𝗶 𝗟𝘂𝗯𝗶𝘀, 𝗦.𝗦 (Sekretaris Sigarda Indonesia)


SIGARDA INDONESIA mengundang Anda untuk hadir dalam BERANDA SIGARDA#27


Hari/tanggal : Rabu/22 Mei 2024

Jam               : 19.30 WIB


Bergabung ke Rapat Zoom

https://unnes-ac-id.zoom.us/j/98380473044?pwd=TUprdFcwQUI2NFZSbkFQb2ErdnpIZz09


ID Rapat: 983 8047 3044

Passcode: sigarda


Dan dapat diikuti dalam siaran langsung Youtube Sigarda melalui tautan berikut

https://linktr.ee/sigarda


Bapak/Ibu Guru, info tersedia di platform Merdeka Mengajar di tautan berikut: https://guru.kemdikbud.go.id/komunitas/webinar/20b211d1-140a-48a1-8ee5-7d36f496ead5


Mohon perkenan untuk berperan serta dalam Kegiatan Sigarda Indonesia melalui

https://trakteer.id/sigarda


Sampai bertemu di ruang obrolan Sigarda. Terimakasih.


ğ™Žğ’Šğ™œğ’‚ğ™§ğ’…ğ™– 𝙋𝒆𝙣𝒈𝙜𝒆𝙧𝒂𝙠 𝙍𝒐𝙙𝒂 𝑩𝙪𝒅𝙖𝒚𝙖 𝙆𝒊𝙩𝒂 𝑩𝙚𝒓𝙨𝒂𝙢𝒂


#KENALI

#CINTAI

#Bersama

#SINAU_CAGAR_BUDAYA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama