YUMU PAKATAHU


 


Salam Sigarda Indonesia


Seperti diketahui Prasasti Blanjong adalah sebuah prasasti yang memuat sejarah tertulis tertua tentang Pulau Bali. Bentuknya berupa pilar batu setinggi 177 cm dan bergaris tengah 62 cm yang disebut dengan istilah “JAYA STAMBHA/JAYA CIHNA”, yang diartikan sebagai “TUGU KEMENANGAN”.


Pilar prasasti tersebut bertanggal menurut kalender Saka India, pada hari ketujuh dari setengah ('saptฤmyฤแน sita') bulan Phalguna dari tahun ลšaka 835, yang bertepatan dengan 4 Februari 914 M menurut perhitungan Louis-Charles Damais.


Pada prasasti ini disebutkan kata "Walidwipa", yang merupakan sebutan untuk Pulau Bali dan dikeluarkan oleh seorang Raja Bali yang bergelar “Adipatih Sri Kesari Warmma (dewa)”, yang beristana di “SINGHADWARA PURA”.


Prasasti ini unik karena bertuliskan dua macam huruf, yaitu huruf Pra-Nagari dengan menggunakan bahasa Bali Kuno, dan huruf Kawi dengan menggunakan bahasa Sanskerta dan Bali Kuno ( bilingual & dwi aksara) yang ditulis secara silang.


Kami dari komunitas SIGARDA (Sinau Cagar Budaya) wilayah Bali Bersama para Bala Legoe Gondong bermaksud mengadakan peringatan 1110 (seribu seratus sepuluh tahun) ditancapkannya Prasasti Blanjong pada :


Hari/Tanggal : Minggu, 04 Februari 2024

Waktu (pkl) : 08.00 – 12.00

Pakaian : adat madya 

Tempat : Lokasi “insitu” Prasasti Blanjong & Pura Dalem Blanjong.


 “ KABUDHI – KABUDHI”


๐™Ž๐’Š๐™œ๐’‚๐™ง๐’…๐™– ๐™‹๐’†๐™ฃ๐’ˆ๐™œ๐’†๐™ง๐’‚๐™  ๐™๐’๐™™๐’‚ ๐‘ฉ๐™ช๐’…๐™–๐’š๐™– ๐™†๐’Š๐™ฉ๐’‚ ๐‘ฉ๐™š๐’“๐™จ๐’‚๐™ข๐’‚


#KENALI

#CINTAI

#Bersama

#SINAU_CAGAR_BUDAYA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama