Pameran Kesejarahan: Sejarah Lokal sebagai Akar Perekat Persatuan Bangsa


Salam Sigarda! ✌🏼

Pada hari-hari awal Desember, tepatnya tanggal 6–8 Desember 2022, Sigarda Indonesia dan Pojok Literasi Arkeologi (PLA) SMA Negeri 14 Semarang berkolaborasi untuk kedua kalinya. Kolaborasi pertama adalah saat Pameran Bersama Museum Se-Indonesia di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, 15–19 September 2022 yang lalu.


Keikutsertaan Sigarda Indonesia dalam pameran yang diselenggarakan di Kota Tegal kali ini atas undangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Karena pameran ini bertema sejarah lokal, maka Sigarda dan PLA SMA Negeri 14 Semarang menampilkan Kota Semarang Lama, yang meliputi Kota Lama, Kampung Melayu, Kampung Kauman, dan Pecinan Semarang.


Sebagai persiapan, maka Sigarda dan PLA SMA Negeri 14 Semarang memulai penataan stan pada hari Senin, 5 November petang hingga malam. Keesokan harinya pada pukul 10.00 WIB pameran dibuka.

Gambar 1 Stan Sigarda dan PLA SMA Negeri 14 Semarang

Mulai dari hari pertama hingga hari penutupan Pameran Kesejarahan stan gabungan Sigarda Indonesia dan PLA SMA Negeri 14 Semarang tidak pernah sepi pengunjung. Para pelajar dari SD hingga SMA yang ada di Kota Tegal dan sekitarnya sangat antusias mengunjungi stan. Mereka tertarik untuk mengenal sejarah Kota Semarang Lama melalui permainan. Di dalam stan mereka bisa bermain puzzle, ular tangga arkeologi, kuartet Semarangan, dan merekonstruksi benda temuan ekskavasi.

Gambar 2 Antusiasme Siswa dalam Belajar Sejarah dan Cagar Budaya


Meskipun dalam persiapan mengikuti pameran sempat terbersit rasa bimbang karena keterbatasan personel, semuanya dapat berlangsung dengan lancar dan meninggalkan kesan mendalam.


Melalui PLA SMA Negeri 14 Semarang kami berharap supaya para pelajar di Kota Tegal khususnya dan di Indonesia umumnya dapat lebih bergairah dalam belajar sejarah dan cagar budaya. Sudah waktunya cara belajar sejarah dilakukan dengan menggembirakan tanpa meninggalkan esensi belajar dan mendidik itu sendiri.

Gambar 3 Stan Sigarda dan PLA SMA Negeri 14 Semarang Penuh Dengan Pengunjung


#CINTAI

#KENALI

#BERSAMA

#Sigarda_Indonesia

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama