Seminar dan Lokakarya Nasional Epigrafi 2022

Salam Sigarda ✌️ Indonesia 🇮🇩


Rangkaian acara Seminar dan Lokakarya Nasional Epigrafi 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2022.   Kegiatan hari ini dibuka secara daring oleh Bp. Hilman Farid, Dirjen Kebudayaan.  Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU PAEI dengan FIS Universitas Negeri Malang. Dan penyerahan cendera mata kepada Dekan FIS UM dan SIGARDA INDONESIA sebagai kolaborator penyelenggaraan kegiatan ini. Selanjutnya diskusi panel dengan beberapa tema tentang kajian Epigrafi. Dan hari ke dua berlangsung Forum Grup Diskusi dengan beberapa tema dan pemateri. Selain itu dilanksanakan juga launching buku karya Dr. Siti Maziah, M.Hum dan Dr. Liliek Suratminto, S.S, M.A

Gambar 1 Penyerahan cendera mata kepada Dekan FIS UM dan SIGARDA INDONESIA

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan ekskursi PAEI bersama Sigarda Indonesia pada tanggal 16 Oktober 2022.  Tiga lokasi yang dituju yaitu Makam Londo di daerah Sukun, Kayu Tangan dan Museum Mpu Purwo. Kegiatan di makam Londo dipandu oleh pak Lilie Suratminto, narsum yang banyak melakukan penitian tentang Nisan2 Belanda, mas Andri, pengelola pemakaman dan mbak Aryati dari Dinas Lingkungan Hidup yang banyak menangani  pemakaman ini. Selama 3 jam peserta diajak mengelilingi areal pemakaman seluas 12 hektar. Ada beberapa makam yang unik untuk dibahas secara khusus oleh ke tiga narasumber. Lokasi kunjungan berikutnya adalah Kawasan Kayu Tangan. Peserta sempat menelusuri beberapa lokasi di sini, didampingi mas Yeheskiel dari Sigarda Malang. Tujuan terakhir adalah Museum Mpu Purwo. Bersama bu Ninie selaku Ketua PAEI dan mas Rakai Hino, pengurus Sigarda yang juga TACB Kota Malang, membahas beberapa prasasti yang terdapat di Museum ini. 10 eksemplar Prosiding  Seminar Arkeologi hibah dari Balar Jabar, disiapkan oleh Pengurus Sigarda sebagai bentuk peran serta dan dukungan Sigarda Indonesia dalam kegiatan Seminar dan Lokakarya PAEI tahun 2022.

Gambar 2 Makam Londo


Gambar 3 Kawasan Kayu Tangan

Gambar 4 Hibah 10 eksemplar prosiding Seminar Arkeologi dari Balai Jabar


Banyak keseruan dalam kegiatan jelajah situs ini yang menjadi kerjasama PAEI dan Sigarda Indonesia. Semoga ke depan akan semakin banyak kegiatan bersama yang dilakukan sebagai bentuk sinergitas antara Lembaga Profesi dan Komunitas yang bergerak di bidang yang sama untuk kemajuan budaya bangsa. Selamat dan Sukses Perkumpulan Ahli Epigrafi Indonesia dengan karya-karyanya untuk Pemajuan Kebudayaan Indonesia dan hasil-hasil kajiannya akan semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas. Terimakasih telah melibatkan Sigarda Indonesia dalam SENAFI 2022. JAYALAH PAEI dan SIGARDA INDONESIA.

Gambar 5 Selamat dan Sukses Perkumpulan Ahli Epigrafi Indonesia


#KENALI

#CINTAI

#Bersama

#SINAU_CAGAR_BUDAYA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama