Kemah dan Jelajah Bumi Singhasari

 

Salam Sigarda ✌️ Indonesia 🇮🇩


Kegiatan Kemah dan Jelajah  Bumi Singhasari Sigarda 2022 tanggal 20-21 Agustus 2021 telah selesai. Serangkaian acara yang berlangsung sejak kedatangan peserta di Sabtu pagi (20/08/2022) yang mendapat pembekalan tentang tinggalan-tinggalan Singhasari di Museum Mpu Purwa oleh Bapak Suwardhono, Sejarawan Malang.

Gambar 1 Museum Mpu Purwa


Pembukaan dilaksanakan pada Sabtu sore yang disemarakkan oleh tarian adik-adik dari Sanggar Tari Damarwangi-Yayasan Bani Hasyim Malang dengan Tarian  Enggang dan Tarian Indonesia Bangkit. Kegiatan dibuka oleh Prof  Dr. Timbul Haryono, M.Sc. selaku Penasehat Sigarda. Dilanjutkan acara saresehan pada malam hari yang diawali dengan sajian Monolog Wayang berjudul Tapak Jejak Sang Amurwabhumi oleh mas Ray dari Jakarta. Diskusi diisi dengan penjelasan dari Prof Dr. Timbul Haryono, M.Sc., Arkeolog Senior dari UGM dan Dr. Ismail Lutfi, M.Hum., Arkeolog dan Sejarawan UM.


Kegiatan jelajah dilaksanakan pada minggu (21 Agustus 2022) dengan mengunjungi beberapa situs yang berada di daerah Singhasari, yaitu Situs Petirtaan Watu Gede yang menjadi tempat pemandian para putri Kerajaan Tumapel, Arca Dwarapala yang sangat unik dan dipilih sebagai Logo Sigarda Indonesia, dan Candi Singasari yang menjadi salah satu  ikon dari Kerajaan Tumapel di daerah Singosari. Penjelasan dari Bp. Ismail Lutfi dan Prof. Timbul memberi  banyak wawasan baru kepada para peserta tentang tinggalan-tinggalan di daerah Singosari dan sekitarnya.

Gambar 2 Situs Petirtaan Watu Gede

Gambar 3 Arca Dwarapala

Gambar 4 Candi Singasari

Kegiatan ditutup oleh Prof.  Dr. Timbul Haryono dan disemarakkan dengan pembagian doorprize berupa 13 eksemplar buku dari ex Balar Jabar, ex Balar Yogya dan ex Balar Sumsel serta 2 buah kaos berlogo Sigarda, sumbangan dari Bp. Subagiyo.


Kegembiraan dan antusiasme terlihat pada peserta yang tak kurang dari 100 orang dan berasal dari berbagai daerah, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Karanganyar, Blitar, Kediri, Jombang, Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, dan Tabanan-Bali. Juga saudara-saudara dari berbagai komunitas, Teropong Sejarah Tuban, Asta Gayatri Tulungagung, Sidoarjo Masa Kuno, Jelajah Situs Pawitra, Pasak Kediri, Malang Old Foto, dan Kampung Budaya Polowijen Malang. Sebagai bonus, beberapa peserta masih mengikuti jelajah sampai ke Candi Badut yang merupakan tinggalan dari masa Kanjuruhan. 

Gambar 5 Stupa Sumberawan

Seluruh rangkaian acara telah berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Jajaran Pengurus dan Panitia menghaturkan terimakasih atas perijinan oleh :

1.  Ditjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI

2. BPCB Jawa Timur

3. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang

4. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Malang

4. Pengelola Museum Mpu Purwa

5. Dinas Perhutani Kab. Malang

6. Kepala Jupel Malang Raya (bp. Imam)

7. Juru Pelihara Sumberawan (bp. Dikka Nge Linsanks)

8. Juru Pelihara Watu Gede (Bp. Agus Irianto)

9. Juru Pelihara Dwarapala (Bp. Ivan)

10. Juru Pelihara Candi Singosari

11. Juru Pelihara Candi Badut (Bp. Jayadi)


Ucapan Terimakasih kami sampaikan juga kepada para undangan :

1. Prof. Dr. Timbul Haryono, M.Sc. selaku Nara sumber

2. Dr. Ismail Lutfi, M.Hum selaku Narasumber

3. Koordinator SPKT

Sekretariat Ditjen Kebudayaan RI

4. PAEI Komda Jatim

5. Kepala Disbudpar Prop. Jatim

6. BPCB Jatim

7. Kepala Disbudpar Kab. Malang

8. Pengelola Museum Singhasari

9. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang

10. Pengelola Museum Panji 

11. Bp. Dwi Cahyono, Sejarawan Kota Malang

12. Dr. Deny Yudho, Sejarawan dan Arkeolog UM

13. Seluruh Peserta Kegiatan KEMAH DAN JELAJAH BUMI SINGHASARI

14. Segenap Panitia dari SIGARDA  MALANG.


Kami sampaikan juga permohonan maaf sekiranya ada kekurangan dalam pelayanan dan penyelenggaraan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini memberi manfaat ilmu bagi kita semua dan makin mempererat Silaturahmi seluruh anggota Sigarda Indonesia. Semoga kita bisa bertemu kembali dalam agenda kegiatan Sigarda Indonesia berikutnya.

Salam Hormat, Salam Sehat,  dan Bahagia selalu.


Baca juga tautan berikut :

  • https://www.timesindonesia.co.id/read/news/424395/sigarda-indonesia-ajak-napak-tilas-sejarah-lewat-kemah-dan-jelajah-bumi-singhasari


#KENALI

#CINTAI

#Bersama

#SINAU_CAGAR_BUDAYA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama