Beranda 12: Budaya Rupa Dayak



Salam Sigarda✌Indonesia 🇮🇩

Masyarakat Dayak memiliki kekayaan seni ukir yang dekat dengan alam, sehingga umumnya motif yang digunakan tak jauh dari motif tumbuhan dan satwa, serta berbagai simbol kepercayaan mereka. Hal ini terlihat dari penggunaan motif-motif unik khas Dayak yang digunakan mulai dari interior bangunan rumah, peralatan rumah tangga, sampai perangkat kesenian.

Motif seni suku Dayak seringkali digunakan dalam perpaduan baik itu seni lukis tubuh ataupun berbagai lukisan kemudian ukiran dan pahatan pada rumah adat (rumah betang), properti alat musik tradisional seperti sape/kecapi, senjata (mandau, sumpit, telawang), topeng/bukung, serta sulam atau rajutan pada busana adat (baju kapuak yang terbuat dari kulit kayu).

Material yang digunakan serta berbagai motif, warna dan filosofi ukiran yang ada di berbagai barang hingga rumah adat di Kalimantan Timur dan Utara menjadikan seni Rupa Dayak memiliki nilai yang tinggi dan istimewa. Dalam Beranda Sigarda #12, Dr. Pindi Setiawan  akan menyampaikan hasil penelitiannya tentang Budaya Rupa Dayak. Beliau akan didampingi oleh Meira Syahrani dari Sigarda Muda Makasar sebagai pemandu. Dan Afrinaldi Zulhen, Pengurus Sigarda sebagai Pewara.

SIGARDA INDONESIA is inviting you to a scheduled Zoom meeting.
Topik: BERANDA#12
Waktu: 27 April 2022, 15:00 WIB

Join Zoom Meeting

Meeting ID: 519 412 1744
Passcode: SIGARDA

Dan dapat diikuti dalam siaran langsung Youtube Sigarda melalui tautan berikut

Sampai bertemu di ruang obrolan Sigarda. Terimakasih.

#KENALI
#CINTAI
#Bersama
#SINAU_CAGAR_BUDAYA

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama