Beranda 10: Bali - Manusia dan Budaya 2000 Tahun Silam

Salam Sigarda✌️Indonesia 🇮🇩
Kehidupan masyarakat Bali 2000 tahun silam merupakan  masyarakat yang hidup dalam suasana pedesaan. Fenomena ini dapat diketahui dengan temuan gerabah Cina di Situs Sembiran dan cermin perunggu di Situs Pangkuk Parut Seririt, Buleleng. Adanya temuan sejumlah gerabah India di Situs Sembiran dan Pacung juga  menunjukkan awal hubungan India dan Bali. Bukti-bukti Arkeologi tersebut menunjukkan adanya hubungan Bali dengan Cina dan India di Bali Utara diduga dalam upaya memperoleh rempah-rempah terutamanya cengkeh.

Dalam tiga dasa warsa terakhir penelitian Arkeologi di Bali telah meningkat dalam jumlah dan kualitasnya. Sejumlah situs baru telah ditemukan. Berdasarkan temuan Arkeologis, tampaknya sejumlah lokasi di Pesisir Bali Utara telah berkembang menjadi pintu gerbang masuknya pengaruh budaya luar yang selanjutnya berhubungan dengan situs-situs di pedalaman Pulau Bali.

Dalam Beranda #10, Prof. Dr. I Wayan Ardika, MA. akan menguraikan penelitiannya yang telah dibukukan dengan judul MANUSIA dan KEBUDAYAAN BALI 2000 TAHUN SILAM. Didampingi Pewara, Ade Ulthufi Alfiana dari Sigarda Muda dan Pemandu yang juga peneliti BRIN, Luh Suwita Utami, S.S, M.Si,  pembahasan tentang temuan2 baru di Bali akan menjadi semakin menarik untuk disimak.

Pemaparan lebih lengkap dapat Anda akses melalui video YouTube kami melalui link berikut https://youtu.be/2WfzQQ5uWw8

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama