Sambangi Gedung Bella Vista

Oleh: Sigarda Malang

Gedung Bella Vista merupakan salah satu bangunan tua peninggalan masa kolonial Belanda di Kota Malang, Jawa Timur. Bangunan yang nampak tidak terawat dengan baik ini terletak di Jl. Gajahmada, tepatnya berada di belakang gedung DPRD Kota Malang. Arsitekturnya bercorak klasik Eropa. Bangunan tersebut kini mangkrak tanpa adanya perbaikan atau renovasi.

Bermula dari niat mencari warung kopi terdekat, kami dari Sigarda Malang tanpa sengaja waktu itu mampir singgah ke warung kopi yang berada tepat di sebelah kiri halaman rumah besar yang berlumut dan banyak tanaman liar yang menjalar pada sebagian tembok bangunannya. Beberapa bagian seperti jendela, pintu, dan lantainya juga sudah rusak. Nampak sekali jika bangunan ini telah lama tidak dihuni dan difungsikan dengan baik keberadaannya. Kami pun akhirnya penasaran dan mencoba masuk ke bagian dalam bangunan rumah.

Di bagian dalam gedung Bella Vista ternyata memiliki banyak ruangan yang menandakan bahwa bangunan ini pernah digunakan sebagai bangunan publik. Menurut cerita dari beberapa orang sekitar yang kebetulan sama-sama sedang ngopi sore waktu itu, dulu Presiden Soekarno pernah singgah dan berpidato di halaman depan atau podium dari bangunan Bella Vista ini. Peristiwa itu terjadi ketika Bung Karno meresmikan alun-alun bundar atau tugu Balai Kota Malang pada tanggal 20 Mei 1953.

Masih berdasarkan cerita warga sekitar, bangunan ini pernah digunakan sebagai rumah dinas kejaksaan pada tahun 1980-an yang kemudian pada awal 1990-an digunakan untuk aktivitas belajar dari lembaga pendidikan bernama STT Atlas Nusantara. Namun setelah itu tidak pernah digunakan lagi dan akhirnya bangunan menjadi rusak tidak terawat hingga banyak ditumbuhi lumut di bagian dinding dan semak belukar di bagian halaman sekitarnya.

Menjadi harapan kita semua, semoga Gedung Bella Vista segera mendapatkan ketetapan sebagai Bangunan Cagar Budaya Kota Malang.

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama