Empat Film Bernuansa Budaya Indonesia, Penasaran?

Oleh Satok Yusuf

Selamat Hari Film Sobat Sigarda! 
Untuk menyambut hari film ini, Mimin mau bagi-bagi informasi tentang beberapa film yang berhubungan dengan budaya Indonesia loh. Siapa tau kan dengan menonton film ini Sobat makin cinta dengan budaya kita. Mari simak!

Uncharted
Film yang rilis tahun 2022 ini menceritakan perburuan harta karun hasil ekspedisi Magellan di Filipina. Perburuan tersebut dilakukan oleh tiga pemburu harta karun profesional dan miliarder korup bernama Santiago Moncada. Film ini mengambil latar budaya di Spanyol dan Laut Banda. 

Dalam adegan akhir film ini berfokus pada pencarian dua kapal karam milik Maggellan yang penuh dengan harta karun di area Laut Banda. Mereka berhasil menemukan dua kapal dengan puluhan tong bermuatan rempah dan emas. Rempah-rempah seperti yang kita tahu merupakan produk unggulan dari Asia, khususnya Indonesia yang dihargai setara dengan emas pada masa lalu. Harta karun emas yang ditampilkan dalam film tersebut menggambarkan karya seni khas Indonesia, seperti kepala kala bergaya Bali, keris, perhiasan dan peralatan yang terbuat dari emas. 
sumber: m.media-amazon.com
Eternals
Film dari Marvel Studios yang rilis tahun 2021 ini menceritakan tentang makhluk berkekuatan super dan abadi yang memiliki kekuatan seperti dewa-dewi kuno. Terdapat sekelompok Eternals yang diutus mengembangkan peradaban di bumi yang diketuai oleh Ajax, Dewi Penyembuh. Ketika Ajax meninggal, ketua Eternals di bumi digantikan oleh Sersi, Dewi Cinta Kasih dan Kebijaksanaan.
 
Marvel Studios menampilkan karakter yang menginspirasi tokoh Sersi tersebut sebagai Arca Dewi Prajnaparamita dari Singosari yang kini menjadi koleksi Museum Nasional. Arca tersebut dipilih karena merupakan simbol dewi Cinta Kasih dan Kebijaksanaan dalam agama Buddha serta menjadi salah satu masterpiece arca Buddhis di Asia Kuno.
sumber: i.pinimg.com
Raya dan The Last Dragon
Film fantasi musikal animasi komputer yang rilis tahun 2021 ini seakan-akan menjadi film pemersatu masyarakat Asia Tenggara. Film ini menceritakan seorang gadis bernama Raya yang berpetualang mencari Naga Sisu agar membebaskan tanah Kumandra dari kutukan Druun yang mengerikan.

Pada film tersebut disajikan beberapa unsur kebudayaan khas masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia, antara lain kepercayaan terhadap naga, penggunaan caping, sungai sebagai pusat dan penghubung antarperadaban, pakaian batik dan songket, senjata keris, arsitektur bangunan, serta beberapa kosakata  dari masa Hindu-Buddha di Asia Tenggara yang masih digunakan masyarakat hingga saat ini. 
sumber: images6.fanpop.com
Moana
Film bertajuk fantasi musikal animasi komputer ini rilis pada tahun 2016. Film tersebut menceritakan tentang petualangan gadis bernama Moana dengan latar belakang Kebudayaan Maritim Polinesia. Polinesia merupakan wilayah imajiner yang memiliki rumpun kebudayaan sama, tersebar dari Indonesia bagian timur hingga Hawaii. 

Terdapat beberapa unsur kebudayaan yang ditampilkan dalam film tersebut berhubungan dengan unsur kebudayaan di Indonesia, antara lain tradisi penggunaan perahu layar bercadik, penggunaan ayam jago sebagai navigator pelayaran yang lazim dilakukan masyarakat Sulawesi, hingga penggunaan tato sebagai penanda keistimewaan tokoh dalam kelompok masyarakatnya.
sumber: ubuy.co.id

Demikian tadi Sobat empat film pilihan mimin untuk hari film ini. Apakah Sobat tertarik untuk menontonnya?

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama