KOPI Sigarda 3: Tirta dan Peradaban Manusia

Salam Sigarda Indonesia!

Sepanjang perjalanan sejarah manusia, air memiliki arti dan peran penting dalam membangun sebuah peradaban. Dalam "KOPI SIGARDA #3" dengan judul webinar kali ini "TIRTA DAN PERADABAN MANUSIA" kali ini kita akan membahas tuntas bersama Prof. Timbul Haryono.

Air merupakan suatu bentuk materi yang memiliki arti penting dalam 
kehidupan ini. Kita juga sadari hampir semua kehidupan ini berawal dari air, membutuhkan air, dan kembali lagi menjadi air. Air banyak dimanfaatkan oleh manusia dari untuk kebutuhan diri sendiri, pertanian, perkebunan, peternakan, perindustrian, energi, dan kebutuhan lainnya. Air juga tidak hanya dimanfaatkan oleh manusia. Hewan membutuhkan air. Tumbuhan membutuhkan air untuk berfotosintesis, dan bahkan makhluk kecil mikroorganisme pun membutuhkan air. Sehingga tidak salah jika kita menyampaikan bahwa air adalah kehidupan. 

Peradaban-peradaban besar di dunia juga berkembang  dekat dengan sumber air. Begitu besarnya peran air dalam kehidupan, sehingga sangat pantaslah AIR merupakan KEHIDUPAN. Hal ini pun tidak terlepas dari keberadaan air sebagai penyusun terbanyak di bumi sebagai unsur Buana Agung, dan tubuh manusia sebagai unsur buana alit.

Anda dapat menyaksikan video selengkapnya melalui link YouTube berikut https://youtu.be/6-tZtVUz0ns

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama